Panduan dalam Melakukan Cara Membuat NPWP Secara Online

Cara membuat NPWP - Nomor Pokok Wajib Pajak atau NPWP merupakan bentuk ketaatan warga negara terhadap kewajiban untuk membayar pajak. NPWP ini merupakan bentuk identitas para wajib pajak dalam melakukan pembayaran pajak sebagai bentuk kewajiban warga negara. Jika diperhatikan dengan seksama, NPWP dilengkapi dengan 15 buah digit yang merupakan nomor identitas para wajib pajak yang terdaftar di dalam Direktorat Jenderal Pajak. 

Dalam pembuatan NPWP, masyarakat lebih mengenal dengan pembuatan secara manual. Mereka harus datang ke kantor pajak hanya untuk membuat Nomor Pokok Wajib Pajak. Padahal, jika mereka tahu mengenai cara pembuatan NPWP secara online, mereka tidak perlu menghabiskan waktu untuk mengantri saat pembuatan NPWP.
Panduan dalam Melakukan Cara Membuat NPWP Secara Online
Ilustrasi
Para pemilik NPWP akan mendapatkan keuntungan tersendiri dengan memiliki NPWP tersebut. Mereka tidak akan diberikan tambahan denda sebesar 20 % saat pembayaran pajak penghasilan. Tidak hanya itu, para pemilik NPWP juga memiliki kesempatan yang besar untuk mengajukan kredit, ijin dalam membuat Paspor, melakukan bisnis online dan mengikuti lelang badan instansi pemerintah. Keuntungan inilah yang membuat masyarakat harus memiliki NPWP. Agar memudahkan masyarakat dalam pembuatan NPWP. Simak cara membuat NPWP secara online berikut ini:

• Pendaftaran akun
Pendaftaran NPWP secara online memberikan kesempatan kepada masyarakat yang bertempat tinggal jauh dari Kantor Pelayanan Pajak. Untuk melakukan pendaftaran secara online, masyarakat dihimbau untuk berkunjung ke website milik Direktorat Jenderal Pajak dengan alamat https://ereg.pajak.go.id

• Mengisi formulir
Formulir pendaftaran dapat diisi dengan melakukan log in pada akun pendaftaran di website milik Direktorat Jenderal Pajak. Berikut ini merupakan hal-hal yang harus diisi oleh pendaftar NPWP:
o Kategori Wajib Pajak
o Identitas diri
o Besar penghasilan
o Alamat tempat tinggal
o Alamat usaha
o Alamat domisili yang tertera di KTP
o Tanggungan

• Penyampaian formulir
Setelah mengisi formulir dengan lengkap, klik finish pada laman formulir pendaftaran  Nomor Pokok Wajib Pajak secara online. Cek email milik pribadi dan salin kode untuk melakukan proses selanjutnya.

Cara membuat NPWP yang dilakukan secara online tidak membuahkan NPWP secara langsung. Para pemilik NPWP harus menunggu selama bulan untuk mendapatkan NPWP tersebut. Dalam penyampaian NPWP kepada pemilik, kantor pajak akan mengirimkannya melalui petugas yang dikirim langsung oleh kantor pajak. Pemilik NPWP juga dapat mengambil NPWP tersebut secara langsung dengan mendatangi kantor pajak. 

Kemudahan dalam membuat NPWP secara online ini kerap digunakan oleh mereka yang tidak memiliki banyak waktu luang. Kemudahan dalam pembuatan NPWP yang dihadirkan oleh Direktorat Jenderal Pajak ini sangat membantu masyarakat dalam menjalankan peranannya sebagai wajib pajak yang bertanggung jawab. Bagikan informasi ini kepada teman-teman agar mereka turut merasakan manfaat dari NPWP tersebut.
Share on Google Plus

About New Hiver

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Posting Komentar