Keuntungan COD Dalam Transaksi Jual Beli Online - whbybz.com

Wednesday, November 14, 2018

Keuntungan COD Dalam Transaksi Jual Beli Online


COD ini merupakan istilah yang sering kita dengar dalam kegiatan jual beli online. Demi kenyamanan transaksi, COD sering dipilih oleh pembeli. Sebelum membahas tentang keuntungan COD atau Cash On Delivery sebaiknya kita ketahui dulu tentang pengertiannya. Sehingga, kita tidak hanya sekedar bicara COD saja, melainkan pula mengerti tentang artinya.

Pengertian COD (Cash On Delivery)
COD (Cash On Delivery) adalah bagian dari layanan transaksi jual beli online yang mana pihak pembeli bersedia membayar kalau penjual mengantarkan barang atau produk yang dibeli ke alamat pembeli. Alamat pembeli bisa berupa alamat rumah, kantor atau tempat lain yang diinginkan sesuai kesepakatan. Itulah pengertian dari COD. Masih banyak orang menganggap kalau COD ini sekedar ketemuan saja.

Padahal yang sebenarnya adalah pelayanan ekstra yang diberikan oleh penjual untuk mengantarkan barang ke alamat rumah, kantor atau tempat yang diinginkan pembeli. Jadi, ketika anda memperoleh penjual yang mau bertransaksi COD, berarti  anda berhak mendapatkan pelayanan antar gratis selama masih berada di area jangkauan atau yang ditentukan oleh penjual. COD ini juga biasanya terdapat dalam kegiatan jual beli online di blibli.com.

Sedangkan bagi penjual, akan salah kalau menuliskan layanan COD pada lapaknya, tapi tidak mau mengantarkan barangnya ke alamat pembeli. Sehingga perlu diingat, anda sebagai penjual harus memikirkan dengan benar pelayanan apa yang diberikan dalam kegiatan jual beli online. Sebagai penjual anda harus cerdas karena jika salah pengertian, bisa-bisa memperburuk kualitas pelayanan toko online anda.

Langkah yang Harus Diperhatikan Penjual Saat Melayani COD
Apabila ingin menyediakan layanan COD, jika anda penjual harus memperhatikan beberapa hal terlebih dahulu. Supaya tidak terjadi kesalahpahaman antara anda dengan pembeli. Jangkauan lokasi atau area,  Anda harus menentukan wilayah atau lokasi mana saja yang terjangkau layanan COD anda. Misalnya, anda tinggal di Jakarta Selatan, maka bisa menuliskan layanan COD untuk area Jakarta Selatan saja.

Dengan begitu, saat ada pembeli yang ingin anda mengantarkan barang ke area itu, anda wajib bersedia mengantarkannya. Akan tetapi, bila pembeli meminta anda mengantarkan ke luar daerah jangkauan, tidak perlu anda layani. Karena pastinya biaya bahan bakar membengkak dan lain sebagainya. Atau anda bisa menambahkan maka harus ada biaya tambahan. Jika memang terlalu jauh, misalnya alamat pembeli  di Surabaya atau Bandung, lebih baik gunakan jasa ekspedisi saja.

Keuntungan Cash On Delivery
Setelah tahu tentang pengertian dan apa yang perlu diperhatikan penjual saat menyediakan layanan COD dalam transaksi jual beli online, selanjutnya kita bahas tentang keuntungannya. Layanan COD ini memberikan keuntungan atau kelebihan bagi pembeli maupun penjual. Keuntungan pembeli adalah bisa melihat kondisi barang secara langsung dan bahkan dapat mencobanya. Berbeda saat menggunakan jasa ekspedisi.

Selain itu, juga bisa menawar atau bernegosiasi setelah melihat kondisi barang. Misalnya, jika ada sedikit keburukan pada barang, pembeli bisa menawar harganya. Tak hanya itu, pembeli juga bisa tahu kalau penjual jujur atau berbohong. Sedangkan bagi penjual, keuntungan menyediakan layanan COD dalam jual beli online adalah uang hasil penjualan lebih cepat cairnya. Penjual juga tidak perlu mengurus administrasi di ekspedisi dan pastinya proses jual beli online menjadi lebih cepat.

Demikianlah pengertian tentang COD dan keuntungannya bagi penjual maupun pembeli. Apabila anda ingin melakukan transaksi jual beli online, pilihlah blibli.com sebagai pasarnya.

No comments:

Post a Comment