Tips Cerdas Mendapatkan Rumah yang Berkah Menggunakan Internet - whbybz.com

Saturday, February 9, 2019

Tips Cerdas Mendapatkan Rumah yang Berkah Menggunakan Internet


Di zaman yang serba digital, urusan apapun bisa dimudahkan dengan mengandalkan internet. Hal ini juga berlaku untuk urusan properti. Anda kini bisa memanfaatkan internet untuk mendapatkan rumah berkah sesuai idaman. Rumah berkah memiliki arti bahwa rumah tersebut didapatkan dengan cara baik-baik serta rumah tersebut bukan merupakan rumah sengketa.

Mencari rumah melalui internet memang mudah, namun bagi yang belum terbiasa atau pemula hal tersebut akan cukup membingungkan. Terlebih kini banyak penipuan dalam urusan jual beli properti termasuk rumah.
Ilustrasi
7 Tips Cerdas Menggunakan Internet untuk Membeli Rumah
Tips-tips berikut ini akan membantu Anda untuk mencari rumah menggunakan internet dengan cerdas dan praktis, sehingga terhindar dari penipuan.

  1. Memilih layanan properti
Ketika Anda memasukkan kata kunci yang berhubungan dengan membeli rumah, mesin pencari Google akan segera menampilkan sederet situs penyedia informasi rumah. Dari sekian banyak situs, pilihlah situs yang terpercaya.

Anda bisa memilih tiga hingga empat situs penyedia informasi jual beli rumah dan memeriksa reputasinya. Situs yang bagus biasanya menjamin kebenaran informasi yang ditampilkan, meskipun mungkin tidak 100% akurat dan tidak lengkap. Untuk itu, Anda disarankan untuk tetap cermat dalam memilih.

  1. Memilih bakal rumah yang akan dibeli
Setelah menemukan portal yang cukup terpercaya, saring pencarian berdasar keinginan Anda. Masukkan kawasan di mana Anda ingin membeli rumah, kisaran budget dan penyaringan lainnya sesuai yang tertera di portal.

Setelah itu, proses pencarian berdasarkan filter dan cermati hasil yang ditampilkan. Periksa informasi lebih lanjut dan hanya prioritaskan yang sesuai budget serta kebutuhan. Setelah menyelesaikan pencarian dengan mencermati hasilnya, pilihlah beberapa rumah yang sesuai untuk ditinjau secara langsung di kemudian hari.

Jangan sampai Anda tergiur dengan fasilitas yang ditawarkan. Fokuskan pada kebutuhan Anda. Jika Anda akan tinggal dengan keluarga kecil, maka pilihlah rumah minimalis. Rumah minimalis tentu memiliki harga yang lebih rendah yang akan sedikit meringankan kantong Anda.

Sebelum meninjaunya, catat kisaran harga untuk kemudian diperiksa lebih lanjut. Kemudian catat pula nama pengembangnya jika ada. Beberapa informasi mungkin akan dibutuhkan untuk diperiksa sebelum melakukan peninjauan lokasi.

  1. Memeriksa properti secara online
Sebelum meninjau langsung rumah yang akan dibeli, Anda perlu memanfaatkan situs yang menyediakan informasi mengenai properti-properti yang ada. Beberapa portal bahkan menjelaskan dengan rinci alamat bangunan, status bangunan, sertifikat, hingga informasi mengenai fasilitas sekitar rumah.

Dengan bantuan portal review, Anda bisa memastikan pilihan yang paling mendekati dengan tipe rumah idaman Anda. Karena informasi mengenai legalitas tanah bisa diperiksa juga, Anda bisa mulai mempertimbangkan pilihan yang sesuai dengan tipe rumah Anda.

Jangan lupa untuk memeriksa reputasi pengembang melalui internet. Pengembang yang terpercaya pasti akan memiliki review cukup bagus dan informasi mengenai proyek-proyeknya bisa dilihat. Reputasi pengembang yang baik bisa menjamin Anda terbebas dari kasus penipuan.

  1. Memeriksa harga
Berbekal informasi di atas, periksalah kisaran harga jual rumah di daerah yang ingin Anda tuju. Anda bisa menggunakan mesin pencari untuk menemukan informasi mengenai harga jual rumah terlengkap.

Informasi mengenai harga rumah akan membantu Anda dalam melakukan negosiasi nantinya. Anda mungkin perlu menawar jika melihat ada peluang tersebut.

Kini banyak portal penyedia informasi mengenai kisaran harga hunian baik perumahan maupun apartemen. Referensi harga pasar dan informasi lain mengenai harga-harga properti yang terus berubah pun bisa dipantau.

Informasi yang tersedia pun tidak hanya untuk informasi properti yang berada di kota besar, namun di seluruh Indonesia. Jika Anda jeli dalam membaca dan memilih informasi, Anda tidak akan ketinggalan infomasi mengenai properti beserta harga-harga tawarannya.

Setelah selesai memeriksa informasi mengenai lokasi, fasilitas sekaligus memperkirakan harga yang cocok, Anda bisa melakukan peninjauan secara langsung. Ketika Anda melakukan peninjauan terhadap rumah yang akan dibeli, sebaiknya memahami poin-poin penting untuk ditanyakan kepada pihak pengembang atau pemilik. Catat sebaik mungkin dan tanyakan ketika meninjau secara langsung.

  1. Memanfaatkan forum diskusi online
Jika Anda masih ragu untuk memutuskan rumah yang akan dibeli, kunjungi forum online yang biasa digunakan untuk berdiskusi, konsultasi atau sekedar tanya jawab mengenai properti termasuk rumah.

Tanyakan semua keraguan pada forum dan tunggu balasan dari member lain yang siap membantu Anda. Mungkin akan mendapatkan banyak jawaban yang berbeda-beda. Untuk menanggapi respon yang berbeda-beda, Anda bisa mencari informasi lanjutan atau cukup sesuaikan dengan kebutuhan Anda.

  1. Mencari agen secara online
Jika Anda tidak ingin repot-repot dalam mengurusi masalah membeli rumah, Anda bisa memanfaatkan jasa agen properti. Agen properti bisa ditemukan dalam portal properti. Jika Anda jeli, Anda akan menemukan informasi dimana Anda bisa menemukan agen-agen terpercaya.

Jika masih ragu, Anda bisa bertanya-tanya terlebih dahulu kepada agen-agen tersebut. Kini, beberapa agen lebih terbuka dan siap menjawab pertanyaan-pertanyaan Anda sekaligus membantu Anda mencari rumah idaman.

Agen-agen properti pun bisa Anda pilih berdasarkan kebutuhan. Agen juga banyak yang merupakan agen spesialisasi tertentu seperti apartemen, perumahan dan lain-lain. Pastikan Anda memilih agen yang sesuai untuk dihubungi.

Setelah menemukan agen yang pas, diskusilah mengenai rumah impian yang ingin Anda beli beserta lokasinya. Agen yang sudah professional akan menyediakan banyak pilihan untuk Anda. Untuk memilihnya, prioritaskan kebutuhan dan tanyakan poin-poin penting. Hal ini meliputi ukuran, fasilitas, legalitas dan status tanah serta proses pembayaran.

Sebagai saran, Anda tetap harus memeriksa informasi detail mengenai rumah yang sudah ditawarkan oleh agen kepada Anda. Hal ini untuk meminimalisir kerugian dan hal-hal buruk yang mungkin terjadi seperti kasus penipuan.

Sebagai contoh adalah memeriksa surat izin bangunan dan legalitas tanah. Anda bisa meminta bantuan Dinas Pertanahan atau kelurahan untuk memastikannya. Ingat bahwa rumah yang barokah adalah rumah yang statusnya jelas dan berdiri di atas lahan yang resmi pula.

  1. Manfaatkan ponsel pintar Anda
Tips cara cerdas memanfaatkan internet untuk mencari rumah berkah adalah dengan memanfaatkan ponsel pintar Anda. Kini, portal properti telah beralih ke aplikasi sehingga Anda bisa setiap saat akses informasi dengan sekali sentuh. Anda bisa update juga mengenai informasi terkini soal hunian.

Melalui aplikasi, Anda dengan mudah memantau calon rumah Anda tanpa repot. Anda juga akan selalu terhubung dengan agen terpercaya untuk mendapatkan kabar mengenai calon rumah berkah Anda.

Setelah Anda merasa menemukan rumah yang sesuai dengan kebutuhan dan statusnya merupakan tanah bukan sengketa, segera tanyakan soal pembayaran. Jika sistem pembayarannya cukup masuk akal dan aman, lakukan pembayaran. Jika perlu, bernegolah untuk mendapatkan harga yang lebih murah.

Ketika melakukan proses pembayaran dan serah terima surat yang berhubungan dengan rumah, cermati dengan baik dan pastikan memiliki sanksi yang kuat. Saksi akan berguna jika di kemudian hari terdapat kejadian yang tidak diinginkan.

No comments:

Post a Comment